Indikator
  • This feature is under maintenance process. Please be patient! Merci les gars
  • This feature is under maintenance process. Please be patient! Merci les gars

DPMD Situbondo dan Inspektorat Gelar Rakor Pembangunan Desa

Home / Peristiwa - Daerah / DPMD Situbondo dan Inspektorat Gelar Rakor Pembangunan Desa
DPMD Situbondo dan Inspektorat Gelar Rakor Pembangunan Desa Wakil Bupati Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si saat memberikan pengarahan pada Rakor DPMD Situbondo, Inspektorat dan Pendamping Desa, Rabu (13/09/2017). (Foto: Uday/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Inspektorat dan Pendamping Desa menggelar rapat koordinasi membahas pembangunan desa.

Rapat yang membahas realisasi pengunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun 2017 ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si, di Aula Lantai II Pemkab Situbondo, Jawa Timur, Rabu, (13/09/2017).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Situbondo, Suraji mengatakan menyayangkan masih ada beberapa desa yang belum menyelesaikan laporan keuangannya.

Rapat-2hO9V7.jpg

"Sampai saat ini, ada beberapa desa di Kabupaten Situbondo masih belum menyampaikan laporan pertanggung jawaban penggunaan Dana Desa Tahap I, ini akan menghambat terhadap pencairan Dana Desa pada tahap II," jelasnya.

Menurutnya, jika desa belum menyelesaikan pelaporan penggunaan ADD dan DD Tahap I maka pencairan di Tahap II akan ditangguhkan sebagai bentuk hukuman dari ketidakpatuhan desa pada ketentuan yang telah ditetapkan. 

"Kita bersama inspektorat masih melakukan pembersihan terhadap persoalan pengelolaan penggunaan ADD/DD tahun 2015 dan 2016, masih banyak desa yang belum melunasi pajak karena pajak sebagai lampiran di pelaporan, " tambahnya. 

Rapat juga membahas sinergitas pendamping dengan pemangku kebijakan, perencanaan tahun 2018, dan evaluasi progres penggunaan DD 2017. 

"Pertemuan ini juga membahas progres dampingan Pendamping Desa serta mensingkronkan kineja pendamping Desa dengan Dinas PMD dan Inspektorat Kabupaten Situbondo," kata Johantono, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA-PSD).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi memberikan pengarahan terhadap pendamping desa. Dalam arahannya, dia mengatakan pendamping desa harus selalu melakukan kordinasi dengan pemkab untuk memetakan potensi masalah dan mencegah celah kasus hukum. 

"Pemkab akan terbantukan dengan adanya Pendamping Desa, Jika Pendamping Desa menghadapi masalah di bawah, bisa langsung hubungi saya, kita cari permasalahan dan solusinya," ungkapnya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com